Hadits Dhaif Riyadus Shalihin 38

21 09 2010

Bab 250: Tentang Doa-doa


48/1495
. Imran bin Al Hushain RA berkata,

أنَّ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – عَلَّمَ أبَاهُ حُصَيْناً كَلِمَتَيْنِ يَدْعُو بهما : (( اللَّهُمَّ ألْهِمْني رُشْدِي ، وأعِذْنِي مِنْ شَرِّ نَفْسي )) . رواه الترمذي ، وقال : (( حديث حسن ))

Nabi SAW mengajarkan bapaknya Al Hushain dua kalimat untuk berdoa dengannya, ‘Allahumma alhimni rusydi wa aidzni min syarri nafsi'”. (Ya Allah, ilhamkan kepadaku hidayahku dan lindungilah dari kejahatan diriku). (HR. At-Tirmidzi, ia berkata, “Hadits hasan”).


Keterangan:

Sanad hadits tersebut dha’if, bahkan At-Tirmidzi sendiri mendha’ifkannya hadits tersebut pada kesempatan lainnya, dengan mengatakan, Hadits gharib, yaitu dha ‘if karena ada perawi yang bernama Syabib bin Syaibah, orang yang jujur tapi banyak kebimbangan pada dirinya (wahm) dalam periwayatan suatu hadits, begitu ada perawi lainnya pada hadits tersebut (yaitu Al Hasan), ia melakukan tadlis (hadits yang disembunyikan cacat sanadnya, sehingga seakan-akan tidak ada aib di dalamnya. -Peny.) Ia juga meriwayatkan hadits tersebut dengan mu’an’an (hadits yang disanadkan dengan kata ‘an Namun ada riwayat hadits dengan jalur lain yang sanadnya shahih menurut syarat Bukhari-Muslim, yang dikeluarkan oleh Imam Ahmad, Nabi SAW mengajarkan doa:

Ya Allah, jauhkan kejahatan pada diriku dan tetapkan bagiku segala kebenaran untuk urusanku”. (HR. Imam Ahmad)

Begitu pula hadits dengan jalur lain yang sanadnya Jayyid, Nabi SAW mengajarkan doa:

“Ya Allah, ampunilah aku akan dosaku, kesalahanku, dan perbuatanku yang disengaja. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon petunjuk-Mu, agar segala kebenaran ada pada urusanku, dan aku mohon perlindungan-Mu dari segala kejahatan yang ada pada diriku”. (HR. Imam Ahmad).

Lihat Dha’if Sunan At-Tirmidzi hadits no. 690, Dha’if Al Jami’ Ash-Shaghir hadits no. 4098, Al Misykah hadits no. 2476, Bahjatun-Nazhirin hadits no. 1487, dan Takhrij Riyadhush-Shalihin hadits no. 1487.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: