Hadits Dhaif Riyadus Shalihin 27

20 09 2010


Bab 194: Keutamaan Barisan Pertama Pada Shalat dan Perintah untuk Meluruskan serta Merapatkan Barisan Shalat


34/1101
. Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

إنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى مَيَامِنِ الصُّفُوفِ رواه أبُو دَاوُدَ بإسنادٍ عَلَى شرط مسلم ، وفيه رجل مُخْتَلَفٌ في تَوثِيقِهِ

“‘Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan orang yang shalat pada barisan sebelah kanan“. (HR. Abu Daud dengan sanad berdasarkan syarat Muslim dan di dalamnya ada perawi yang diperselisihkan tentang keterpercayaannya)


Keterangan:

Matan (redaksi) hadits tersebut syadz (bertentangan dengan riwayat hadits lain yang lebih kuat) Redaksi hadits tersebut (yang diriwayatkan oleh Muawiyah bin Hisyam) bertentangan dengan riwayat yang lebih kuat, disamping itu ia juga orang yang lemah hafalannya. Al Baihaqi berkata (di dalam As-Sunan Al Kubra 3/103): “Bila ditinjau dari sisi redaksi (matan) haditsnya, maka Muawiyah meriwayatkannya secara menyendiri, dan saya menilai redaksi hadits tersebut tidak sah dari Nabi SAW.” Sedangkan lafazh matan hadits yang sah dari Nabi SAW yaitu:

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan orang-orang yang menyambung shaf-shaf pada waktu shalat.‘” (Hadits diriwayatkan oleh Al Baihaqi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim).

Lihat Dha’if Sunan Abu Daud hadits no. 131 Dha’if Sunan Ibnu Majah hadits no. 209, Dhaiful Al Jami’ Ash-Shaghir hadits no. 1668, dan Bahjatun-Nazhirin hadits no. 1094.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: