Hadits Dhaif Riyadus Shalihin 22

20 09 2010


Bab 174: Apa yang Dibaca Jika Turun atau Berhenti Pada Suatu Tempat


28/990.
Ibnu Umar RA berkata,

كَانَ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – إِذَا سَافَرَ فَأقْبَلَ اللَّيْلُ، قَالَ: (( يَا أرْضُ، رَبِّي وَرَبُّكِ اللهُ ، أعُوذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّكِ وَشَرِّ مَا فِيكِ ، وَشَرِّ مَا خُلِقَ فِيكِ ، وَشَرِّ مَا يَدِبُّ عَلَيْكِ ، وَأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ أسَدٍ وَأسْوَدٍ ، وَمِنَ الحَيَّةِ وَالعَقْرَبِ ، وَمِنْ سَاكِنِ البَلَدِ ، وَمِنْ وَالِدٍ وَمَا وَلَدَ )) رواه أَبُو داود .

“Rasulullah SAW jika dalam bepergian dan tiba waktu malam, maka beliau membaca, ‘Hai bumi Rabbku dan Rabbmu Allah, aku berlindung kepada Allah dari bahayamu dan dari bahaya yang ada di dalammu, dan bahaya yang dijadikan padamu dan semua bahaya yang melata di atasmu. Aku juga berlindung dari bahaya singa dan manusia, dari ular dan kalajengking, dan dari bahaya jin, Iblis, dan syetan’.” (HR. Abu Daud).

Keterangan:

Hadits ini dha’if, karena ada dua perawi yang bermasalah. Pertama, Az-Zubair bin Al-Walid Asy-Syami. An-Nasa’i berkata, “la tidak aku ketahui kecuali lewat periwayatan hadits ini”. Kedua, Asyuraih bin Ubaid, ia menyendiri dalam periwayatan haditsnya, dan tidak diketahui identitasnya, sebagaimana dijelaskan dalam kitab riwayat kehidupan perawi. Hal yang mengherankan, bagaimana bisa Al Hakim menshahihkannya dan Adz-Dzahabi menguatkan-nya, sedangkan Al Hafizh meng-hasan-kannya.. Disebutkan juga periwayatan hadits lainnya sebagai syahid hadits tersebut, dari hadits Aisyah yang diriwayatkan oleh Ibnu Sinni di dalam Amalul Yaum wal-Lailah hadits no. 528; hadits itu ada keraguannya, karena matan (redaksi) hadits tersebut redaksinya lain dan sanadnya dha’if, karena ada perawi yang bernama Isa bin Maimun, (perawi dha’if). Lihat Adh-Dha’ifah hadits no. 4837, Bahjatun-Nazhirin hadits no. 983, Takhrij Riyadhush-Shalihin hadits no. 983.

Wassalam: Ki Semar


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: