07. Menikah melalui Wali Hakim

3 01 2010

saya menikah sekitar 2 bulan yang lalu tapi berhubung
saya dan istri saya jauh dari orang tua sehingga kami menikah
dengan wali hakim bagaimana dengan sah tidaknya pernikahan saya

Jawaban:

Assalamu ‘alaikum wr wb
Siapa yang anda maksud dg wali hakim? Wali Hakim menurut peraturan
negeri kita adalah pejabat pemerintah yg ditunjuk secara resmi, yaitu
pejabat KUA atau bisa juga hakim di pengadilan agama.

Jadi, wali hakim itu bukan kiyai atau ulama. Nah, ingat-ingat dulu,
siapa yg menikahkan anda dulu?

Masalah kedua, berapa sih jarak antara kota anda dg kota orang tua
si isteri?

Menurut ulama fiqh, jarak yg diperbolehkan menggunakan wali hakim itu
sama dengan jarak kebolehan mengqashar shalat dalam safar. Tetapi harus
diingat, sekarang transportasi dan tekhnologi komunikasi sudah begitu
canggih. Jadi, sebenarnya wali hakim itu bisa men-cek ke wali perempuan
apakah benar jaraknya jauh dan tidak mungkin hadir serta merestui hanya
karena jarak jauh tak bisa datang atau sebenarnya wali perempuan itu
menolak pernikahan anda sehingga anda “lari” atau “menghindar” ke tempat
yg jauh?

Maaf, hal-hal di atas saya ajukan agar info yg saya peroleh lengkap
sehingga saya bisa menjawab pertanyaan anda.

salam,


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

