02. Menjama’ Sholat karena pekerjaan

22 12 2009

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Saya bekerja di satu perusahaan di Sydney. Sangat sulit bagi saya untuk
menjalankan sholat dhuhur & sholat azhar setiap hari senin-kamis. Begitu
juga dengan maghrib. Karena jam kerja saya dari jam 11 pagi sampai 7.30
malam.

Pertanyaan saya :

1. Apakah saya boleh men-jama sholat maghrib dan sholat isya. kalau tidak
bisa sebaiknya bagaimana..?
2. Bagaimana sebaiknya saya menjalankan sholat dhuhur dan azar.

sekedar informasi, ada sebuah musholla kurang lebih 15 menit dari kantor
saya (pp 30 menit) akan tetapi jika saya menggunakan waktu tersebut
otomatis sangat sulit bagi saya beristirahat dan makan siang. Ini hanya
saya lakukan pada hari Jum’at.

Sekian pertanyaan saya.

terima kasih

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Jawaban:

Ass wr wb
1. Anda boleh menjama’ (empat-empat) zuhur dan ashar.
2. Anda juga boleh menjama’ (tiga-empat) maghrib dan isya

Dasarnya adalah hadis riwayat Ibn abbas di shahih Muslim yg menceritakan
bahwa nabi menjama’ zuhur – ashar (ingat bukan di qashar jadi dua-dua lho),
padahal saat itu tidak dalam keadaan hujan, perang, takut atau bepergian.
Ketika ditanya Ibn Abbas mengapa beliau melakukan itu. nabi menjawab, “aku
tak ingin memberatkan ummatku.” (Hr Muslim).

Pokoknya, dalam keadaan apapun usahakan anda tidak meninggalkan sholat.
menjama’ sholat jauh lebih baik daripada anda meninggalkannya sama sekali.

salam,
=Nadirsyah Hosen=


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

