37. Menjelaskan eksistensi Tuhan

19 12 2009

>Ass. Wr. Wb.
>saya bukan penganut Islam yang taat, walaupun saya selalu berusaha.
>Saya mempunyai sedikit pertanyaan, semoga dapat dimengerti.
>Saya punya teman berasal sari Belanda, suatu saat dia pernah bilang bahwa
>dia tidak percaya adanya tuhan, what’s is god? where he is, dan dia juga
>bilang kalau tuhan itu ada tunjukan pada saya. saya berusaha menjawab tapi
>jawaban saya tidak memuaskan dia karena sudut pandang dia secara ilmiah
>sedangkan saya dari sudut pandangan orang yang sudah masuk islam dari
>kecil. Tolong beri saya jawaban bagaimana saya menjelaskan eksistensi
>tuhan pada orang(terutama barat) tampa saya harus mengutip dari Al-Quran
>karena bagi dia bagaimana kita mempelajari kitab itu padahal
>pengertian/keyakinan akan tuhan tidak ada.
>
>terima kasih
>
>As. Wr. Wb

Jawaban:

Susah memang menjelaskan persoalan ketuhanan kalau tidak merujuk pada
ayat Qur’an dan Hadis.
Tampaknya anda harus mencari rujukan ke buku-buku filsafat. Kiekergaard,
misalnya, adalah filosof existensialis yang percaya akan Tuhan. Bagi dia
kemampuan akal tidak bisa menjelaskan soal Tuhan. pada titik ini imanlah
yang bicara. Anda mungkin juga bisa membaca A History of God karya Karen
Armstrong. Lepas dari soal rujukan, kita harus ingat bahwa keimanan
merupakan sesuatu yg tak bisa dipaksakan. Kalau hidayah belum turun pada
rekan tsb, betapapun secara akal dia sudah mengakuinya, maka dia tidak
akan beriman. karena itu disamping memberitahu soal ketuhanan pada dia,
berdo’alah pada Allah agar membuka pintu hati rekan bule tsb. Semoga
usaha anda berhasil…

salam hangat,


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

