27. Tanya perbedaan mendasar antara Syi’ah dan Sunni

19 12 2009

mohon penjelasan perbedaan mendasar antar si’ah dan sunni, dan
mengapa perbedaan ini ada ?

Jawaban:

Ass wr wb

Mengenai syi’ah, kelompok ini adalah mereka yang berpendapat
bahwa Ali bin Abi Thalib lebih pantas dan lebih berhak menjadi
khalifah dibanding Umar. Jadi, masalahnya cuma politik doang…..
Sayang, demi mendukung kelompoknya, masing-masing menggunakan
ayat al-Qur’an dan hadis. Akhirnya yang semula murni soal
politik menjadi bergeser pada persoalan teologis. Dari perbedaan
politik masuk pada perbedaan tekhnis beribadah dan lain sebagainya.

Mengapa perbedaan ini ada? Yah…itulah manusia….masing-masing
berpendapat dirinya lah yang benar, padahal kebenaran itu bagaikan
cermin besar yang Allah turunkan ke muka bumi dan jatuh hingga
pecah berkeping-keping. Masing-masing memungut kepingan cermin
itu dan melihat pantulan “wajah” Tuhan di sana seraya merasa
itulah satu-satunya cermin. Padahal di saat yg sama, manusia
lain juga memungut kepingan cermin itu. Yang jadi masalah adalah,
kalau kepingan cermin itu dipakai buat menusuk orang lain yang
sebenarnya juga memegang keingan cermin tersebut.

Itulah yang terjadi, syi’ah mengkafirkan sunni; sebaliknya sunni
pun mengkafirkan syi’ah. Nah, kita jangan terjebak seperti itu.
Mari kita hargai perbedaan pendapat dan mari kita hargai mereka
yang juga melihat pantulan “wajah” Tuhan di keping cermin yang
mereka pegang.

salam hangat dari Armidale,
Nadirsyah Hosen


Aksi

Information

One response

9 01 2010
akhmad hasanudin

assalamualaikum ,afwan nih pak,kalo saya nih bagai manapun kita kan memegang pedoman ahlussunnah waljama’ah,mana yang co2k ama kita yaitu yg kita bela,tapi bukan juga kita berperang melawan saingan, coba meluruskan bagi mereka yang salah..masing masing pestinya sprti itu,mau ga mau apa yang kita punya/pegang dan kita meyakininya ko ada yang menentang pastinya kita akan bela,apa lagi tentang penyimpangan aqidah….kalo saya turut campur walaupun mampu saya hanya memanjatkan do’a..afwan pak ya…syukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: