25. Sumpah seseorang yang sering berbohong

19 12 2009

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya mempunyai seorang kawan yang sering bercakap bohong sehingga adakalanya
saya tidak mempercayainya. Kadangkala untuk dia menyakinkan saya akan
kebenaran sesuatu perkara itu, dia akan bersumpah. Apakah hukumnya setiap
lafaz sumpahnya itu. Contohnya seperti ;-

i) Saya bersumpah sekiranya saya berkata bohong saya akan dipanah petir.
ii) Saya akan menemui kemalangan di jalan raya
iii) Saya akan menjadi kafir (keluar islam) kalau saya berbohong.

Apakah pandangan anda, haruskah saya mempercayai setiap kata-katanya lagi.
Saya harap mendapat jawapan yang jelas. Terima kasih.

Jawaban:

Perhatikan friman Allah :
Janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk
berbuat kebajikan, bertaqwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. Dan
Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengerahui. (QS. 2:224)

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk
bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja
(untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.
(QS. 2:225)

Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan
sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat
bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan
mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak
(pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih. (QS. 3:77)

Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa
sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri, kemudian mereka
datang kepadamu sambil bersumpah:”Demi Allah, kami sekali-kali tidak
menghendaki selain penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna”.
(QS. 4:62)

Dan orang-orang yang beriman akan mengatakan:”Inikah orang-orang yang
bersumpah sungguh-sungguh dengan nama Allah, bahwasannya mereka benar-benar
beserta kamu” Rusak binasalah segala amal mereka, lalu mereka menjadi
orang-orang yang merugi. (QS. 5:53)

Dan dia (syaitan) bersumpah kepada keduanya:”Sesungguhnya saya adalah
termasuk orang yang memberi nasehat kepada kamu berdua”, (QS. 7:21)
Dan mereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka
termasuk golonganmu; padahal mereka bukan dari golonganmu, akan tetapi
mereka adalah orang-orang yang sangat takut (kepadamu). (QS. 9:56)

dan banyak lagi ayat-ayat seperti itu yang mennadakan betapabencinya Allah
kepada orang yang bersumpah untuk mendukung kebohongannya.

Teman kita ituadalah orang yang harus dikasihani dan diselamatkan.
Memang Sifat bodoh itu bisa melekat sebagaimana Hadits Rasullah :
Laa yakzibu ahadukum hatta yuktaba indallahi Kazzaban/Tidaklah seorang
diantara kamu berdusta yang mengakibatkan dia dicatat disisi Allah sebagai
pendusta.

Hadits lain : Ra’su Az-Zunuubi Al-Kazibu/ Pangkal setiap dosa adalah dusta.

Ingatkan dia, selalu mengkonfirmasi berita yang berasal darinya kalau tidak
anda akan celaka karena kedustaan dia.

Semoga Allah menghindarka kita dari sifat buruk itu. Amin

Wassalam
Hasanain/Lombok


Aksi

Information

One response

3 02 2010
julia

Saya pernah bersumpah mendapat halangan di jalan jika berbohong padahal saat itu saya berbohong, tapi sampai saat ini saya tidak mendapatkan kemalangan tersebut n sy sdh bertobat dalam shalat atas sumpah tersebut, apakah sumpah sy sdh diampuni, mohon penjelasan. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

